asuransi jiwa untuk lansia

4 Asuransi Jiwa untuk Lansia dan Manfaatnya

Asuransi yaitu sebuah pertanggungan atau perjanjian yang dilakukan oleh dua orang pihak. Kedua belah pihak tersebut adalah pihak penanggung atau perusahaan asuransi itu sendiri dan pihak kedua merupakan pihak nasabah pemilik asuransi polis. Belakangan ini muncul produk asuransi jiwa untuk lansia.

Dimana asuransi ini adalah salah satu produk dari sekian banyaknya asuransi yang ada dipasaran. Asuransi jiwa untuk lansia merupakan jenis asuransi yang menanggung nasabah polis asuransi dengan rentang usia mulai dari 60 tahun hingga usia 99 tahun.

Usia bukanlah suatu halangan untuk melakukan investasi khususnya berinvestasi untuk asuransi jiwa. Berikut ulasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan asuransi jiwa khusus orang tua lanjut usia.

Manfaat Asuransi Jiwa Untuk Orang Tua Lanjut Usia

Asuransi jiwa ialah sebuah kontrak perjanjian antara Anda sebagai pemegang polis dengan perusahaan asuransi. Kontrak perjanjian itu berisi tentang penanggung jawaban atas sebuah risiko yang sudah disepakati dalam polis asuransi. Perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung risiko akan membantu Anda secara finansial untuk menutup kerugian ekonomi yang diakibatkan oleh suatu risiko tertentu.

Manfaat asuransi untuk orang tua lanjut usia adalah untuk dijadikan sebagai tambahan dana yang berguna sebagai biaya kehidupan mereka. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan polis asuransi jiwa ini untuk menjamin kehidupan di hari tua nanti. Dengan mendaftarkan polis asuransi jiwa untuk lansia Anda dapat mengurangi beban pikiran yang mungkin akan Anda tanggung dikemudian hari.

Contohnya apabila orang tua meninggal, seringkali orang terkasih yang masih hidup terbebani banyak tagihan seperti tagihan pinjaman pribadi orang tua, tagihan perawatan medis selama orang tua dirawat, hingga kebutuhan biaya untuk pemakaman. Dengan adanya polis asuransi jiwa untuk orang tua, pastinya kehidupan mereka akan semakin mudah di hari tua.

Baca juga  Biaya Asuransi Jiwa dari Berbagai Produk Asuransi di Indonesia

Berbagai Jenis Asuransi Jiwa untuk Lansia

Asuransi jiwa memiliki banyak sekali jenis produk yang ditawarkan. Pilihan produk tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan orang tua Anda. Berikut beberapa jenis pilihan asuransi jiwa untuk orang tua yang dapat Anda pilih.

  • Asuransi Jiwa Berjangka Khusus untuk Orang Tua Lanjut Usia

Asuransi jiwa berjangka atau asuransi jiwa term life merupakan asuransi yang memberikan perlindungan ekonomi atas risiko meninggal dunianya seseorang. Asuransi ini memberi proteksi selama beberapa waktu tertentu sesuai dengan apa yang disepakati diawal saat perjanjian polis dibuat. Terdapat enam pilihan waktu untuk pertanggungan polis yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Waktu tersebut adalah 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun, 25 tahun serta 30 tahun.

Dengan ini Anda dapat menentukan apabila usia peserta asuransi untuk lansia adalah 60 tahun dan masa pertanggungannya adalah 5 tahun, maka polis akan berakhir apabila orang tua telah mencapai usia 65 tahun.

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup untuk Orang Tua

Jenis asuransi jiwa untuk lansia selanjutnya adalah asuransi jiwa seumur hidup atau whole life. Asuransi ini akan memberi pertanggungan finansial untuk risiko meninggal dunia. Masa pertanggungan yang masuk dalam waktu proteksi dapat diperpanjang hingga pemilik polis asuransi berusia 99 tahun atau 100 tahun.

Polis ini banyak digunakan oleh lansia karena dapat diperpanjang mengikuti pertambahan usia tertanggung. Namun syaratnya Anda harus membayar premi yang sedikit lebih mahal.

  • Asuransi Jiwa Dwiguna untuk Orang Tua

Asuransi ini merupakan asuransi yang menggabungkan dua jenis manfaat yang dihasilkan oleh suatu polis asuransi. Dua gabungan manfaat tersebut adalah tabungan serta asuransi jiwa. Jenis asuransi ini berfokus pada dana tabungan yang telah dibayarkan.

Baca juga  Fungsi Asuransi Jiwa Dalam KPR, Apa Saja?

Karena itu, manfaat dari jenis asuransi ini dinilai akan terasa kurang efisien apabila digunakan untuk asuransi orang tua berusia lanjut. Namun asuransi jenis ini sangat akan cocok untuk orang tua lanjut usia yang ingin menabung untuk dana pendidikan anak dan persiapan hari tua.

  • Asuransi Jiwa Dengan Jaminan untuk Orang Tua

Asuransi ini akan memberi proteksi tanpa melihat usia ataupun kondisi kesehatan nasabahnya. Asuransi jiwa untuk orang tua ini akan sangat cocok untuk seseorang yang memiliki riwayat penyakit tertentu atau telah berusia lanjut.

Namun sebelumnya perlu dikethaui bahwa pembayaran asuransi untuk jenis ini tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu 24 bulan setelah polis pertama dibuka. Dengan itu lansia yang meninggal pada waktu tersebut tidak akan menerima uang pertanggungan. Uang yang diterima merupakan uang hasil dari pengembalian premi yang sudah terlanjut dibayarkan.

Tips-Tips Dalam Memilih Asuransi Jiwa untuk Orang Tua Lanjut Usia

Banyaknya berbagai macam perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa untuk lansia kadang membuat seseorang bingung untuk memilih apa dan bagaimana produk asuransi jiwa yang baik. Pada bagian ini akan mengulas beberapa tips memilih asuransi khusus manula yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan.

  • Pilihlah Asuransi Jiwa Term Life

Jenis asuransi yang dinilai tepat untuk kalangan manula adalah jenis asuransi term life. Asuransi ini sangat tepat apabila Anda memiliki dana yang terbatas untuk membayar premi asuransi.

Asuransi ini memiliki nilai bayar premi yang jauh lebih murah apabila dibandingkan denga asuransi seumur hidup. Dilain sisi manfaat yang diberikan asuransi jenis ini adalah nominal uang yang didapat akan sesuai dan sama dengan nilai polis.

  • Berasuransilah Sejak Usia Produktif

Sebaiknya Anda mulai membeli produk asuransi jiwa sejak usia masih muda. Karena seiring bertambahnya usia premi yang harus dibayarkan akan semakin mahal.

  • Sesuaikan Manfaat Tambahan

Saat mendaftar asuransi biasanya Anda akan ditawarkan berbagai manfaat tambahan. Manfaat tambahan ini dapat Anda tambahkan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya tujuan dasar polis asuransi Anda adalah santunan tunai untuk meninggal dunia.

Baca juga  Review Pengguna Asuransi Jiwa Unit Link dan Apa Saja Manfaatnya?

Kemudian Anda ingin menambah manfaat lain seperti proteksi risiko biaya perawatan medis. Dengan pilihan untuk menambah manfaat lain tersebut biaya premi yang harus Anda bayarkan akan bertambah. Sesuaikan terlebih dahulu apa saja kebutuhan asuransi yang Anda inginkan untuk menghindari membengkaknya biaya yang tidak diperlukan.

  • Pastikan Dapat Persetujuan Dari Orang Tua untuk Didaftarkan Polis Asuransi

Niat yang baik tidak selalu dianggap baik oleh seseorang yang lain. Begitu juga ketika Anda ingin mendaftarkan orang tua Anda untuk memiliki polis asuransi jiwa. Sebelum mendaftar pastikan Anda mendapat persetujuan dari orang tua.

Karena, nasabah tertanggung sendiri yang akan menyetujui apa saja yang tertera dalam perjanjian polis tersebut. Pastikan Anda telah berdiskusi terlebih dahulu sebelum memproses pengajuan asuransi orang tua atau asuransi jiwa untuk lansia.

  • Temukan Asuransi Yang Sesuai dengan Keinginan Orang Tua

Banyak berbagai macam pilihan asuransi untuk orang tua. Perhatikan hal yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi secara spesifik apakah asuransi tersebut dapat memproteksi segala kebutuhan yang diperlukan. Pastikan premi yang telah dibayarkan dapat mencangkup kebutuhan Anda atau orang tua Anda.

Pelajari terlebih dahulu tentang asuransi yang dapat mensejahterakan Anda dikemudian hari atau orang tua Anda. Pastikan untuk memilih asuransi yang tepat agar manfaatnya terasa maksimal didapatkan.