simulasi asuransi jiwa

5 Tahapan Serta Simulasi Asuransi Jiwa Berjalan

Pandemi yang telah melanda dunia dua tahun ini membuat kesadaran untuk memiliki asuransi di Indonesia meningkat. Hasil survey menunjukkan bahwa lebih dari 40% persen responden masyarakat disini menyatakan inisiatifnya untuk mencari produk serta pelayanan asuransi untuk mendapatkan proteksi lebih. Untuk Anda yang sedang mencari apa itu asuranri serta bagaimana simulasi asuransi jiwa berjalan, artikel ini sangat cocok untuk dibaca serta dijadikan referensi dalam memilih asuransi.

Kesadaran akan pentingnya membeli produk-produk asuransi meningkat tajam di kota-kota besar. Kenaikan untuk memiliki polis asuransi jiwa ini tak lepas dari kondisi saat ini yang penuh dengan ketidakpastian. Ketidakpastian karena adanya pandemi setidaknya telah meningkatkan risiko keselamatan masyarakat.

Keberadaan asuransi sendiri akan membantu mengelola risiko kerugian finansial yang mungkin akan mengganggu perekonomian keluarga. Dengan memiliki polis, Anda akan memiliki tambahan aset finansial yang berupa uang pertanggungan untuk melanjutkan kehidupan keluarga dimana mungkin Anda sebagai tulang punggung tidak dapat lagi bekerja seperti sedia kala.

Simulasi Asuransi Jiwa

Untuk mengetahui lebih dalam tentang simulasi asuransi jiwa sebaiknya Anda mengetahui berapa nilai asuransi jiwa yang tepat.

Dengan mengetahui uang pertanggungan yang ada Anda dapat terhindar dari kondisi under-insured hanya karena proteksi yang didapatkan tidak sesaui dengan semestinya. Untuk mengetahui besaran uang pertanggungan ikutilah beberapa cara perhitungan berikut ini.

  • Pengeluaran

Cara pertama yaitu untuk menghitung uang pertanggungan berdasarkan uang pengeluaran. Caranya dengan menjumlahkan pengeluaran saat ini atau selama periode tertentu dikali dengan nilai inflasi.

Semisal Anda ingin uang pertanggungan dapat mencukupi kebutuhan keluarga selama 5 tahun. Artinya Anda perlu mengalikan pengeluaran saat ini dengan cara 5 x 12 bulan. Selain itu sesuaikan dengan nilai inflasi.

  • Pemasukan

Selanjutnya cara menghitung uang pertanggungan dari nilai pendapatan. Cara ini dapat dilakukan dengan mengalikan jumlah pendapatan saat ini/ selama periode waktu tertentu kemudian dikalikan dengan nilai kenaikan gaji Anda per tahun.

Baca juga  Asuransi Jiwa Syariah: Manfaat, Jenis dan Contoh Produknya

Mengetahui Besaran Uang Pertanggungan

Hal yang penting untuk mnegetahui simulasi asuransi jiwa adalah mengetahui berapa besaran uang pertanggungan yang akan Anda dapatkan dari polis asuransi sangat penting untuk diketahui. Nilai besaran ini akan membuka pandangan Anda untuk memilih asuransi jiwa yang tepat untuk sesuai dengan kebutuhan. Ada empat cara untuk mengetahui berapa uang pertanggungan yang akan didapat.

  • Income Replacement Based

Pendekatan yang pertama adalah income replacement based. Pendekatan ini terbilang cukup sederhana yaitu dengan menghitung kebutuhan uang pertanggungan berdasarkan rata-rata pendapatan yang Anda dapat setiap bulan yang dihitung selama satu tahun.

Kemudian kalikan jumlah pendapatan itu dengan jangka waktu dana tersebut yang dapat menopang kehidupan keluarga. Dalam metode ini tidak menghitung pertumbuhan dana di masa depan maupun nilai inflasi yang ada.

  • Human Life Value Based

Pendekatan ini akan menghitung pendapatan setiap bulan dalam setahun serta memasukka asumsi pertumbuhan dana. Harapannya uang pertanggungan akan ditempatkan pada sebuah investasi yang memberi pendapatan besar sesuai dengan proteksi yang diinginkan.

Melihat pada imbas Obligasi Ritel Indonesia yang terakhir yaitu ORI19 yang memberi kembalian lebih dari 5% per tahun, maka total uang pertanggungan yang dibutuhkan sebesar Rp 10 juta perbulan.

Dengan adanya contoh diatas maka nantinya uang pertanggungan yang keluar maka ahli waris akan memberikan dana tersebut pada suatu instrumen rendah risiko seperti ORI yang mana imbal balik tetap per bulannya dapat digunakan untuk membantu kebutuhan ahli waris.

  • Needs Analysis Approach

Metode yang ketiga adalah metode needs analysis approach. Metode ini terbilang lebih rumit dan kompleks karena berfokus pada pemenuhan kebutuhan biaya hidup sang ahli waris dimana didalmnya ada kebutuhan spesifik seperti kebutuhan dana pendidikan dan lain sebagainya.

Baca juga  Bingung Memilih Asuransi Jiwa yang Term Life? Mari Kami Bantu!

Pendekatan ini memperhitungkan nilai dari asuransi jiwa yang sudah dimiliki pemegang polis asuransi. Contohnya Adam, memiliki beban kebutuhan hidup untuk keluarga sebesar Rp4 juta per bulan.

Selain itu kebutuhan khusus pendidikan anak sampai menduduki perguruan tinggi sebesar Rp1 miliar. Diketahui bahwa Adam sudah mempunyai asuransi jiwa dari tempatnya bekerja senilai Rp500 juta dan nilai asetnya uga mencapai Rp500 juta.

Dengan nilai didatas maka kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa Adam yaitu dengan menjumlahkan perkiraan kebutuhan biaya hidup untuk istri, perkiraan biaya anak sampai anak dapat mandiri. Lalu uang hasilnya dikurangi dengan nilai uang pertanggungan jiwa dari kantor dan nilai aset yang dapat dicairkan.

Tahapan Simulasi Asuransi Jiwa Berjalan

Untuk dapat memiliki sebuah polis asuransi Anda wajib mendaftar terlbih dahulu ke perusahaan yang menyediakan jasa asurasni jiwa. Berikut tahapan mendaftar serta simulasi asuransi jiwa.

  • Menghubungi Pihak Asuransi Melalui Agen Asuransi

Hubungilah pihak asuransi yang sudah Anda inginkan. Anda dapt menghubungi dengan langsung datang ke kantor maupun melalui ponsel.

Dengan menghubungi agen asuransi Anda dapat kemudahan untuk menentukan produk asuransi yang tepat. Dengan ini Anda juga dapat bertanya terkait tentang asuransi jiwa maupun simulasi asuransi jiwa.

  • Diskusikan Dengan Matang mengenai Pilihan Yang Ditawarkan

Meski sudah mengetahu bagaimana gambaran asuransi jiwa yang jelas dari seorang agen asuransi, sebaiknya Anda tak terlalu terburu-buru untuk menyetujuinya. Pikirkan lagi serta diskusikan produk asuransi yang akan Anda ambil untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Memahami Jalannya Ilustrasi Pada Asuransi Jiwa

Contoh ilustrasi dari sebuah asuransi adalah sebagai berikut. Besar nominal uang pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan akan berbeda-beda tergantung pada risiko yang terjadi pada seorang nasabah.

Baca juga  10 Asuransi Jiwa yang Bagus dan Terpercaya 2022, Punya Anda Termasuk?

Semakin besar nilai premi yang dibayarkan maka semakin besar juga manfaat yang akan diperoleh. Kesalahan yang sering terjadi adalah calon nasabah tidak membaca ilustrasi asuransi dengan lengkap.

Kemudian dia menganggap bahwa uang yang akan diberikan perusahaan asuransi nilainya besar. Padahal uang yang akan didapat bergantung pada kondisi calon nasabah saat mengajukan klaim.

  • Mengisi Form SPAJ Atau SPAK

Apabila Anda sudah benar-benar yakin dengan semua persyaratan dan ilustrasi yang diberikan, Anda akan mendapat Surat Permintaan Asuransi Jiwa atau (SPAJ) atau Surat Permintaan Asuransi Kesehatan (SPAK). Surat tersebut berisi informasi yang rinci dan penting mengenai data diri calon pemegang polis.

  • Menunggu Seleksi Underwriting

Setelah semua proses peninjauan dilakukan pihak underwriting akan memberi keputusan. Keputusan yang diterima ada tiga kemungkinan yaitu:

  • Pengajuan polis asuransi diterima dan disetujui
  • Perusahaan asuransi akan menyetujui dengan syarat tambahan premi
  • Pengajuan polis asuransi ditolak

Biasanya seleksi ini akan ditentukan oleh beberapa faktor seperti usia hingga kondisi kesehatan calon nasabah. Semakin sehat calon nasabah maka proteksi yang akan didapat akan lebih maksimal. Setelah semua tahapan terlampaui maka asuransi akan aktif serta nasabah mendapatkan proteksi sesuai dengan perjanjian yang sudah dilakukan.

Setelah melihat gambaran mengenai simulasi asuransi jiwa Anda dapat memperkirakan berapa banyak nominal uang yang akan Anda sisihkan. Sesuaikan manfaat yang ada untuk memaksimalkan asuransi jiwa yang akan Anda miliki.