Tujuan asuransi jiwa

8 Tujuan Asuransi Jiwa dan Manfaatnya untuk Perlindungan Diri

Belakangan ini pengetahuan tentang orang mengenai financial freedom makin banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Meleknya pengetahuan tentang finansial itu membuat seseorang menjadi sadar akan pentingnya sebuah investasi. Salah satu investasi untuk masa depan yang dapat dilakukan oleh seseorang adalah investasi melalui asuransi jiwa, didalamnya terdapat berbagai macam manfaat serta tujuan asuransi jiwa.

Di Indonesia setidaknya ada lebih dari 10 perusahaan besar yang menawarkan jasa asuransi. Terdapat berbagai macam pilihan asuransi jiwa yang ditawarkan. Pada artikel berikut akan mengulas beberapa manfaat serta tujuan asurans.

Perlu diketahui ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan asuransi jiwa. Dengan begitu ada banyak pilihan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Simak ulasan berikut untuk lebih mengenal tujuan dan fungsi dari asuransi jiwa.

Tujuan Asuransi Jiwa dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Membuat Perlindungan Ekonomi untuk Ahli Waris

Tujuan asuransi jiwa yang pertama adalah untuk memberikan rasa keamanan finansial. Dengan asurasnsi jiwa Anda akan dapat ketenangan untuk mengantisipasi hal terburuk yang mungkin akan terjadi pada kehidupan Anda.

Mempunyai asuransi jiwa dapat dikatakan seperti menabung untuk masa depan. Teruntuk bagi Anda yang sudah memiliki keluarga serta menjadi tulang punggung, asuransi jiwa dapat membantu memberi bantuan secara finansial kepada keluarga yang akan Anda tinggalkan.

Dengan memberi nilai asuransi jiwa yang sudah Anda kumpulkan, kondisi finansial keluarga yang ditinggalkan bisa lebih terjamin serta tidak terlalu terpuruk.

Mengurangi Biaya Kematian

Asuransi kematian adalah salah satu jenis asuransi yang bernilai penting guna menghadapi berbagai risiko yang tidak diprediksi di kemudian hari. Asuransi kematian memberikan santunan terhadap keluarga yang ditinggalkan.

Selain itu asuransi ini juga memberi jaminan kepada pemilik asuransi dalam menutupi bengkaknya risiko finansial yang terpakai untuk menanggung biaya-biaya yang bersinggungan dengan kematian seperti biaya pemakaman, perawatan pasien selama di rumah sakit dan masih banyak lagi.

Baca juga  Orang Tua Wajib Baca! Asuransi Jiwa untuk Anak dan Berbagai Manfaatnya

Selain itu ada beberapa jenis asuransi kematian yang dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan keluarga. Jenis-jenis tersebut seperti asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa unit link serta asuransi jiwa dwiguna.

Membantu Biaya Penanganan untuk Beberapa Penyakit

Setiap orang tidak akan tahu bagaimana keadaannya dimasa mendatang. Ada yang sangat beruntung dapat sehat menjelang hari tua dan ada juga orang yang kurang beruntung karena tertimpa suatu penyakit.

Dengan adanya asuransi jiwa untuk kesehatan, Anda dapat mempersiapkan dana untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi. Contoh manfaat dari asuransi ini adalah untuk biaya persalinan.

Beberapa pasien dengan penyakit kronis juga dapat dibantu dengan adanya asuransi jiwa. Tujuan asuransi jiwa yaitu untuk membantu meringankan serta menekan biaya perawatan pasien.

Selain itu dengan menjadi nasabah asuransi jiwa Anda juga akan mendapat beberapa kelebihan yang mungkin tidak semua pasien dapatkan. Kelebihan tersebut seperti perawatan intensif yang khusus, hemat biaya kunjungan dan konsultasi dokter hingga manfaat lain seperti hematnya biaya tindakan medis lainnya.

Berguna Sebagai Tabungan Pensiunan

Salah satu jenis asuransi yang ada di Indonesia adalah asuransi pensiun. Asuransi jiwa ini merupakan jaminan finansial yang diperuntukkan untuk nasabah yang memasuki usia pensiun.

Rentang usia pensiun yang sudah diatur dalam hukum ialah usia 55 tahun hingga 60 tahun. Tujuan dari asuransi ini adalah untuk mempersiapkan dana yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi semua kebutuhan nasabah setelah pensiun. Dengan itu asuransi ini dapat meminimalisir peserta asuransi agar mandiri secara finansial serta tidak menyusahkan anak maupun keluarga.

Selain itu asuransi jiwa untuk pensiunan bisa menjadi investasi berjangka panjang karena dengan ini nominal uang yang Anda dapatkan tidak akan dikenai pajak oleh negara. Kemudian dana yang berasal dari asuransi ini juga dapat mengurangi beban pikiran yang mungkin akan terjadi saat orang sudah tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Baca juga  3 Cara Menghitung Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa, Dijamin Mudah!

Dana asuransi pensiunan juga dapat menjadi asuransi untuk keluarga yang mungkin akan Anda tinggalkan. Dengan begitu keluarga dapat menggunakan dana dari asuransi pensiunan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tujuan Asuransi Jiwa untuk Pengalihan Risiko

Tujuan asuransi jiwa selanjutnya adalah untuk pengalihan risiko. Risiko dalam asuransi diartikan sebagai sebuah ketidakpastian dalam terjadinya suatu peristiwa yang akan berakibat dalam kerugian ekonomi.

Dengan asuransi Anda dapat mengalihkan risiko dengan cara mentransfer risiko dari satu pihak kepada pihak yang lain atau dalam hal ini adalah mentransfer sebuah risiko kepada sebuah perusahaan asuransi.

Beberapa contoh risiko yang dapat diasuransikan adalah sebagai berikut:

  • Risiko yang dapat dinilai dengan uang
  • Risiko homogen atau risiko yang sama dijamin oleh asuransi
  • Risiko murni yang tidak mendatangkan suatu keuntungan
  • Risiko partikular yang terjadi secara individu
  • Risiko kecelakaan
  • Risiko yang memiliki sebuah pertanggungan tertentu
  • Risiko yang tidak melawan hukum

Tujuan Asuransi Jiwa untuk Persiapan Dana Pendidikan

Tujuan asuransi selanjutnya adalah asuransi yang dapat mengcover dana pendidikan. Asuransi pendidikan merupakan salah satu dari produk yang ditwarkan oleh sebuah persuahaan asuransi dimana asuransi ini memberikan santunan berupa uang untuk pertanggunan pendidikan.

Dengan mengikuti asuransi pendidikan keluarga Anda akan terjamin dari segi biaya, selain itu dapat menekan biaya yang mungkin akan keluar banyak ketika Anda menyekolahkan anak. Asuransi pendidikan yang ditawarkan bertujuan untuk menjamin biaya pendidikan anak. Dimana hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi beban ekonomi orang tua pada biaya pendidikan agar berkurang.

Tujuan Asuransi untuk Proteksi Properti

Asuransi jiwa juga dapat diasuransikan untuk perlindungan properti. Asuransi ini merupakan sebuah upaya perlindungan untuk rumah beserta isinya apabila terjadi suatu musibah yang tidak diinginkan.

Baca juga  Perjanjian Asuransi Jiwa Sah Apabila…, Simak Ulasan Dibawah Ini!

Di negara kita terdapat dua jenis asuransi properti yaitu asuransi kebaran dan asuransi properti all-risk. Asuransi properti kebakaran merupakan asuransi yang berfokus pada perlindungan properti yang tertimpa musibah kebakaran. Didalamnya asuransi ini akan menjamin seluruh resiko barang-barang hinga harta benda nasabah.

Selain itu asuransi properti all-risk memberikan perlindungan terhadap kerusakan properti karena adanya kebakaran, asap, ledakan, terkena sambaran petir, tanah longsor, banjir, perbuatan jahat orang dan risiko kerusakan lain yang dapat diasuransikan.

Tujuan Asuransi Kendaraan Bermotor untuk Proteksi Kendaraan

Tujuan dari adanya asuransi kendaraan bermotor adalah untuk memproteksi risiko yang melibatkan kerugian kendaraan Anda. Asuransi ini merupakan salah satu produk asuransi dimana didalamnya dapat menjamin kerugian atau kerusakan yang terjadi pada sepeda motor maupun mobil Anda.

Asuransi ini menjamin Anda pada saat terjadi kecelakaan. Entah itu tergelincir, terpelosok terbalik hingga tabrakan.

Selain itu asuransi ini juga menjamin kendaraan Anda dari sebuah kejahatan seperti pencurian hingga kebakaran dan kerusakan yang terjadi selama diatas sebuah kapal penyeberangan. Tujuan asuransi jiwa ini dapat menjamin kerugian kendaraan hingga 75% dari nilai pasar. Manfaat lain yang didapatkan dari asuransi ini adalah bantuan tanggung jawab hukum bagi Anda atau pengedara terhadap kerugian yang diterima oleh pihak ketiga.

Anda juga akan mendapat layanan biaya untuk mengurus hukum dengan asuransi ini.

Dengan adanya asuransi setidaknya Anda dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk kebutuhan-kebutuhan diluar jangkauan Anda. Terdapat berbagai pilihan serta macam asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini membantu.