apa itu asuransi jiwa

Apa Itu Asuransi Jiwa? Kenali Manfaat dan Jenis-Jenis Asuransi Jiwa, Harus Tahu!

Penting sekali untuk mengetahui apa itu asuransi jiwa. Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan perlindungan atau jaminan berupa sejumlah uang tanggungan kepada keluarga yang ditinggalkan dari polis yang memegang asuransi ketika meninggal dunia, mengalami kecacatan, kerugian lainnya.

Asuransi jiwa ini diberikan ketika sang tulang punggung keluarga sudah tiada, tidak berdaya, sehingga melahirkan ancaman akan keberlangsungan hidup keluarga pemegang polis asuransi jenis ini. Tentunya asuransi jiwa pada dasarnya berkaitan dengan jiwa pemegang polis asuransi tersebut.

Asuransi jiwa memiliki berbagai manfaat, dan jenisnya yang perlu diketahui oleh Anda yang masih belum mengetahui tentang seluk beluk asuransi jiwa. Oleh karena itu simak informasi lengkap tentang apa itu asuransi jiwa beserta jenis dan manfaatnya, berikut ini!

Manfaat Asuransi Jiwa

Setelah mengetahui pengertian apa itu asuransi jiwa berikut ini adalah manfaat yang bisa diraih ketika mengikuti program asuransi jiwa:

  • Dapat Membantu Permasalahan Hutang

Selain memberikan rasa tenang pada diri Anda dan keluarga, asuransi juga dapat membantu melunasi hutang Anda. Apabila saat itu Anda mengajukan pinjaman modal yang besar kepada bank atau dalam membangun rumah menggunakan KPR, asuransi bisa membayar hutang tersebut

  • Menjaga Keberlangsungan Kehidupan Keluarga

Mengetahui permasalahan di masa depan adalah suatu ketidakpastian, perlunya asuransi adalah untuk menjaga pola kehidupan keluarga agar tetap hidup dan berjalan. Misalnya saja bagi salah satu keluarga penting yang meninggal dunia. Apalagi jika itu terjadi pada orang yang berperan sebagai pencari nafkah.

  • Membantu Mengelola Finansial Anda

Dengan membayar premi asuransi tiap bulannya, Anda bisa berkomitmen penuh dengan menyisihkan uang untuk membayar biaya asuransi tersebut. Selain itu hal ini bisa membuat neraca keuangan keluarga kecil Anda nantinya akan lebih stabil dan mampu menghadapi resiko-resiko yang suatu saat akan datang.

  • Membantu Pendidikan Anak

Sebagai orangtua, Anda pasti memiliki kewajiban dalam memastikan pendidikan buah hati Anda selalu terpenuhi. Sebab pendidikan adalah hal esensial untuk perkembangan kognitif, kompetensi dan moral bagi sang anak. Biasanya rentang pendidikannya dari mulai SD hingga ke perguruan tinggi.

Baca juga  Jenis asuransi jiwa BNI Life dan Manfaatnya

Namun adakalanya suatu saat akan terjadi permasalahan yang tidak disangka-sangka. Atau mungkin bisa mengancam biaya pendidikan sang anak. Setiap orangtua tentu tidak ingin membuat sang buah hati harus putus sekolah dan tidak melanjutkan pendidikannya. Inilah pentingnya mengetahui apa itu asuransi jiwa.

  • Sebagai Investasi

Sebenarnya asuransi jiwa memiliki fungsi utama yaitu proteksi atau perlindungan bagi yang memiliki polis asuransi tersebut. Namun semakin berkembangnya zaman, asuransi pun dapat menyediakan produk yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan tambahan dengan mekanisme investasi.

Mengetahui apa itu asuransi jiwa beserta manfaatnya tentu kurang lengkap rasanya tidak mengetahui berbagai jenis-jenis dari asuransi jiwa yang ada. Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi jiwa yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan anda

Jenis Jenis Asuransi Jiwa

  • Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi ini adalah jenis asuransi jiwa yang memberikan proteksi yang telah ditentukan sendiri selama jangka waktu yang relative pendek, biasanya sekitar lima atau dua puluh tahun kedepan. Setelah masa berlaku asuransi sudah habis, kemudian bisa memilih untuk diperpanjang ataupun diberhentikan.

Kelebihan asuransi jiwa berjangka ini adalah premi yang dibayarkan setiap periodenya terbilang cukup rendah dibanding dengan jenis asuransi lain. Namun di sisi lain, uang tanggungan yang akan diterima terbilang cukup besar. Sehingga sangat digemari oleh banyak orang untuk ikut serta dalam asuransi ini.

Selain itu, asuransi ini bisa dikombinasikan dengan asuransi jenis lainnya seperti asuransi kesehatan sehingga nilai tunai asuransi tersebut dapat bertambah. Dan juga membuat Anda tidak perlu khawatir karena bisa dengan mudah melakukan cover terhadap kerugian yang kemungkinan diterima nantinya.

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Sama seperti namanya, asuransi ini adalah asuransi yang memberikan perlindungan total selama-lamanya. Artinya asuransi ini berlaku seumur hidup si pemegang polis asuransi ini. Atau beberapa perusahaan asuransi memiliki opsi waktu hingga 90-100 tahun masa berlaku asuransi tersebut.

Baca juga  Rekomendasi Asuransi Jiwa 900 Ribu Terbaik dengan Manfaat Maksimal

Kelebihan asuransi seumur hidup tentunya perlindungan yang diberikan pastinya lebih lama bahkan sampai si pemegang polis meninggal. Yang pasti asuransi ini lebih lama berlakunya dibandingkan jenis asuransi jiwa berjangka. Sehingga pasti akan menambah nilai tunai juga dari asuransi tersebut.

Hanya saja biaya premi yang perlu dibayarkan asuransi jenis ini pastinya lebih mahal dibandingkan asuransi berjangka. Sebab melihat lama berlaku asuransi ini wajar saja jika biaya preminya bisa mencapai dua kali lipat dari biaya asuransi berjangka.

  • Asuransi Unit Link

Asuransi ini merupakan asuransi yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya para investor. Sebab asuransi ini selain memberikan perlindungan jangka panjang, tentunya bisa dilakukan sebagai investasi. Dan biasanya asuransi ini dinilai sangat aman untuk melakukan investasi.

Alasan mengapa asuransi ini bisa popular, karena menawarkan inovasi baru dalam berasuransi. Selain bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, bisa juga melakukan investasi sebagai bekal di saat-saat pensiun nanti. Hal ini dirasa lebih menguntungkan dibandingkan dengan asuransi yang murni.

Dengan melakukan double action seperti itu, asuransi jenis ini tetap mampu diklaim kembali saat si pemegang polis tak pernah melakukan pengajuan klaim perlindungan. Ketika suatu saat tidak mampu membayar premi tersebut, nantinya bisa mengalihkan sebagian dana investasi untuk melunasinya.

Namun yang naamanya investasi terkadang mengalami fluktuasi sehingga tidak akan selalu menguntungkan. Maka dari itu ketika investasinya gagal justru dapat menurunkan saldo asuransi karena menjadi back-up dana yang terhutang tadi.

  • Asuransi Dwiguna

Hampir sama dengan asuransi unit link, namun perbedaannya terletak pada fungsi keduanya. Dimana dalam asuransi unit link ada fungsi proteksi dan investasi, sementara di dalam asuransi ini ada fungsi proteksi dan tabungan jangka panjang.

Baca juga  2 Cara Berhenti Asuransi Jiwa Zurich: Dari Rumah dan Ke Kantor Cabang

Memberikan proteksi atau perlindungan adalah fungsi utama dari asuransi jiwa. Sementara fungsi tabungan ini adalah bagian dari inovasi produk agar masyarakat banyak yang tertarik untuk ikut serta dalam program asuransi manapun. Sekaligus mampu memiliki tabungan jangka panjang untuk masa mendatang.

Umumnya klaim uang tanggungan dari asuransi ini dilakukan saat masa berlaku asuransi tersebut habis, Jika tidak diklaim dalam jangka waktu yang ditentukan, tentu uang tanggungan tersebut akan hilang sehingga sangat merugikan. Lain halnya dengan jenis asuransi dwiguna ini.

Dimana asuransi ini memberikan kemudahan dalam mengklaim uang asuransi sebelum masa berlakunya habis. Selain itu, apabila si pemilik polis masih hidup hingga akhir masa berlaku asuransi, seluruh uang tanggungan tetap bisa diklaim dan didapat kembali.

Dengan adanya keuntungan ganda di asuransi dwiguna ini, sudah pasti perlu merogoh kocek lebih dalam lagi dalam membayar biaya premi tiap bulannya. Tapi biaya yang cukup besar dibanding dengan asuransi jenis lain sangatlah sebanding dengan keuntungan yang diterima nantinya.

Itulah ulasan singkat mengenai apa itu asuransi jiwa serta manfaat dan berbagai jenisnya. Memilih jenis asuransi jiwa tidak perlu sulit, fungsi utama asuransi jiwa adalah proteksi. Untuk tambahannya sesuaikan saja dengan menimbang kondisi finansial serta kebutuhan perlindungan yang Anda ingin dapatkan.