Asuransi jiwa pertanggungan 1 miliar

Asuransi Jiwa Pertanggungan 1 Miliar Beserta Benefitnya

Bagaimana rasanya kalau Anda tiba-tiba mendapatkan uang 1 miliar dari uang pertanggungan asuransi? Jangan panik karena mungkin saja ayah, ibu atau seseorang telah memilih Anda sebagai ahli waris dari asuransi jiwa pertanggungan 1 miliar miliknya.

Mayoritas asuransi jiwa memang menyediakan manfaat santunan dan uang pertanggungan yang akan diberikan kepada ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia. Asuransi jiwa juga akan memberikan santunan sejumlah uang kepada tertanggung yang mengalami risiko tertentu.

Anda dapat memilih jenis asuransi jiwa yang ingin diikuti dan sebaiknya perhitungkan dengan kemampuan dan kebutuhan. Ada asuransi jiwa murni dan asuransi jiwa unit link yang juga dapat digunakan sebagai investasi.

Pengertian Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa

Anda mungkin belum begitu paham dengan asuransi jiwa pertanggungan 1 miliar tersebut apa maksudnya. Pertama, Anda harus tahu dulu apa pengertian uang pertanggungan dalam asuransi jiwa.

Uang pertanggungan (UP) adalah sejumlah uang dengan nilai tertentu yang akan dibayarkan oleh penanggung yaitu perusahaan asuransi kepada tertanggung ketika terjadi suatu risiko kepadanya. Sejumlah uang tersebut besarannya sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi.

Adapun jenis risiko yang dijamin oleh perusahaan asuransi juga dituliskan secara jelas pada polis termasuk juga pihak yang akan menerima uang pertanggungan atau ahli waris. Risiko yang biasanya dijamin atau ditanggung adalah kecelakaan, cacat dan meninggal dunia.

Maksud Asuransi Jiwa Pertanggungan 1 Miliar

Anda sudah mengerti apa yang dimaksud dengan uang pertanggungan dalam asuransi jiwa lalu bagaimana besaran nilainya? Jika melihat penjelasan di atas maka dapat dikatakan bahwa maksud asuransi jiwa pertanggungan 1 miliar yaitu besaran manfaat uang tunai yang akan diberikan.

Jadi ketika terjadi suatu risiko sebagaimana yang dijamin atau ditanggung dalam polis tertanggung dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung. Klaim yang diajukan tersebut nantinya akan diberikan berupa santunan yang nilainya sesuai isi polis.

Baca juga  Tips Dalam Memilih dan Cara Daftar Asuransi Jiwa

Uang santunan tersebut diberikan ketika tertanggung mengalami kecelakaan, cacat permanen ataupun meninggal dunia. Besarnya santunan bisa 50% dari UP atau 100% bahkan lebih sesuai apa yang disebutkan melalui polis.

Jadi uang pertanggungan 1 miliar adalah jumlah total nilai tunai yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi sebagai pihak yang menanggung kepada ahli waris ketika tertanggung meninggal dunia atau terjadi risiko yang dijaminkan dalam asuransi.

Namun bisa juga uang pertanggungan senilai 1 miliar tersebut dibayarkan kepada tertanggung setelah berakhirnya masa berlaku polis atau masa kepesertaan asuransi.

Besarnya UP tergantung pada harga premi yang dibayarkan dan jangka waktu berlakunya polis atau kepesertaan Anda sebagai pemegang polis produk asuransi jiwa.

Cara Memperhitungkan Uang Pertanggungan

Bagaimana Anda bisa tahu apakah uang pertanggungan sebuah produk asuransi mencapai 1 miliar? Pada prinsipnya Anda dapat memperhitungkan besarnya uang pertanggungan melalui beberapa metode berikut ini.

  • Human Life of Value

Metode ini menggunakan jumlah penghasilan bulanan dikalikan dengan jangka waktu atau berapa lama dana yang tersedia untuk menopang kehidupan. Jika mempergunakan metode ini maka Anda tidak perlu memperhitungkan faktor bunga maupun pertumbuhan dana kalau uang disimpan di bank.

Contoh perhitungan berdasarkan metode Human Life of Value misalnya Candra adalah seorang pekerja dengan penghasilan bulanan Rp7.000.000 sedangkan istrinya hanya ibu rumah tangga. Anak Candra ada 1 orang berumur 10 tahun.

Candra ikut asuransi jiwa dengan jangka waktu atau masa pertanggungan selama 15 tahun. Bagaimana Candra tahu apakah dia sudah benar memilih produk asuransi jiwa pertanggungan 1 miliar atau kurang atau malah lebih?

Untuk mengetahuinya maka Candra harus membuat perhitungan sebagai berikut :

  • Penghasilan bersih Candra x 12 bulan x masa pertanggungan
  • 7.000.000 x 12 x 15 = Rp1.260.000.000
Baca juga  Hati Tenang dengan Asuransi Jiwa yang Preminya Murah

Dari metode perhitungan tersebut diketahui bahwa UP yang akan didapatkan oleh Candra sudah lebih dari 1 miliar.

  • Incomed Based Value

Metode perhitungan UP ini telah memasukkan besarnya bunga ataupun return yang bisa diterima sebagai perbandingan jika dana disimpan dalam produk perbankan. Kita akan mempergunakan contoh yang sama dengan metode sebelumya.

Jika dihitung dengan cara Incomed Based Value maka UP yang akan diterima oleh Candra yaitu :

  • Hitung penghasilan bersih setiap bulan dikalikan 12 lalu dibagi dengan persentase return.
  • (7.000.000 x 12) : 6% = Rp1,4 miliar

Diasumsikan bahwa dana disimpan dalam bentuk ORI dimana nilai return atau imbal hasil per tahun adalah 6%-8%.

  • Financial Needs Based Value

Kalau Anda mempergunakan metode ini maka harus dikombinasikan dengan investasi yang dilakukan baik bulanan maupun tahunan. Misalnya asuransi jiwa pertanggungan 1 miliar maka jumlah tersebut harus setara dengan kebutuhan tertentu pada saat ini dikalikan 150%.

Nilai uang pertanggungan minimal kisarannya sama dengan hasil perhitungan dari unsur-unsur yang disebutkan di atas. Sedangan jumlah maksimal UP sebesar 80% dikalikan dengan nilai uang di masa depan (future value).

Metode ini umumnya digunakan untuk memperhitungkan proteksi biaya pendidikan di masa depan. Contohnya, kalau biaya masuk kuliah sekarang ini sekitar Rp250 juta maka 10 tahun lagi akan menjadi Rp55 juta dengan asumsi kenaikan diperkirakan 12%/ tahun.

Sehingga kalau ingin memberikan proteksi pada biaya pendidikan pilih UP Rp55 juta. Kalau biaya pendidikan lebih mahal lagi misalnya di luar negeri yang bisa mencapai ratusan juta pilih saja UP 1 miliar.

Namun ingat ada kombinasi investasi reksadana dimana return-nya minimal 18%/ tahun yang harus diperhitungkan juga.

Keuntungan dan Manfaat Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa

Mengapa ada orang yang mau susah payah menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk asuransi jiwa pertanggungan 1 miliar? Alasan yang paling utama adalah banyaknya keuntungan, manfaat ataupun benefit yang akan didapatkan diantaranya :

  • Proteksi Finansial kepada Ahli Waris

Orang tidak pernah tahu kapan dia akan mengalami musibah yang membuatnya tidak bisa bekerja lagi atau mungkin meninggal dunia. Uang pertanggungan asuransi jiwa akan memberikan jaminan berupa proteksi finansial kepada ahli waris yang ditinggalkan sehingga dapat melanjutkan hidupnya.

  • Menutup Biaya Perawatan dan Kematian

Zaman sekarang biaya untuk perawatan medis di RS ataupun pengurusan jenazah tidak bisa dikatakan murah. Dengan adanya UP maka keluarga Anda tidak perlu repot keluar uang atau mencari pinjaman untuk biaya perawatan ataupun pengurusan setelah kematian.

Baca juga  Mengulik Single dan Regular Premium Asuransi Jiwa Premi Sekali Bayar

Anda bisa mempergunakan UP yang diberikan oleh perusahaan asuransi untuk membiayai keperluan tersebut.

  • Dana Pensiun

Bagaimana kalau nantinya Anda sudah tua dan tidak bekerja lagi sementara tidak ada uang pensiun pastinya kehidupan ekonomi keluarga bisa terganggu. Persiapkan masa pensiun Anda melalui UP asuransi jiwa sehingga masa depan tetap akan bahagia.

Dana pensiun tersebut tidak hanya akan menjamin kehidupan ekonomi saja tetapi juga dapat bermanfaat sebagai modal usaha, biaya pendidikan anak dan sebagainya.

Asuransi jiwa pertanggungan 1 miliar bukanlah nilai yang terlalu besar jika diperhitungkan beberapa tahun lagi. Anda bisa memperhitungkannya mulai dari sekarang demi menjamin masa depan bahagia diri sendiri dan juga keluarga.