asuransi jiwa usia 50 tahun

Asuransi Jiwa Usia 50 Tahun untuk Masa Tua yang Bahagia

Menjamin kondisi finansial di hari tua sangat penting dipikirkan sejak muda salah satunya melalui asuransi jiwa. Anda bisa melirik produk-produk asuransi jiwa usia 50 tahun untuk memberikan proteksi finansial kelak ketika sudah tidak produktif dan tidak berpenghasilan lagi.

Sama halnya dengan produk asuransi jiwa lainnya memang sebagai calon nasabah sebaiknya Anda mencari informasi lebih dulu. Setelah menemukan produk asuransi untuk usia 50 tahun yang sesuai kebutuhan dan keinginan barulah Anda membeli polisnya.

Asuransi jiwa tersebut tidak harus untuk diri Anda sendiri melainkan bisa Anda persembahkan sebagai bentuk kasih sayang kepada orang tua. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi memikirkan kebutuhan finansial orang tua karena sudah ada asuransi untuk mereka.

Apa Itu Asuransi Jiwa Usia 50 Tahun?

Asuransi jiwa usia 50 tahun adalah produk asuransi yang memang khusus ditujukan bagi mereka yang telah berumur 50 tahun atau lebih. Dengan kata lain asuransi jiwa yang dibuat untuk orang lanjut usia (lansia).

Sayangnya memang masih sedikit perusahaan asuransi yang menawarkan produk tersebut kepada masyarakat. Mayoritas asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa hanya menjamin risiko hingga tertanggung berusia 50 tahun saja.

Namun yang sedikit bukan berarti tidak ada sama sekali. Sekarang ini sudah ada beberapa perusahaan asuransi terkemuka yang mulai menyadari kebutuhan jaminan proteksi bagi para lansia. Anda hanya tinggal memilihnya saja mana asuransi jiwa untuk umur 50 tahun yang sesuai.

Ciri-Ciri Asuransi Jiwa Usia 50 Tahun

Ditengah banyaknya produk asuransi jiwa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi bagaimanakah Anda mengenai bahwa itu ditujukan untuk orang berusia 50 tahun. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengenali apakah itu produk asuransi jiwa usia 50 tahun atau bukan yaitu dengan cara :

  • Batasan Usia Masuk dan Pertanggungannya

Ciri pertama dapat dilihat dari batasan umur masuk sebagai peserta dan pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Anda dapat melihat mengenai hal ini pada syarat-syarat yang dituliskan dalam polis.

Baca juga  Mengenal Asuransi Jiwa dan Bagaimana Sistem Asuransi Jiwa Berjalan

Pastikan bahwa dalam asuransi tersebut menyebutkan batasan umur masuk adalah lebih dari 50 tahun. Selain itu lihat juga hingga usia berapa tahun batas maksimal pertanggungan yang diberikan apakah 70, 80 atau lebih. Bahkan ada yang berani menanggung hingga usia 99 tahun

  • Batas Tahunan serta Limit Item Perawatan

Sudah hal yang wajar jika semakin tua usia seseorang maka semakin kompleks juga jenis gangguan kesehatan yang mungkin diderita. Tingginya risiko pada lansia tersebut sebaiknya juga ikut dijamin atau di-cover oleh asuransi.

Artinya disini peserta harus jeli melihat besaran uang santuan dan uang pertanggungan yang akan diberikan. Untuk kondisi tertentu mungkin dicantumkan juga berapa batas tahunan yang diberikan dan item apa saja yang ditanggung.

Sehingga misalnya tertanggung yang tertulis namanya dalam polis asuransi jiwa usia 50 tahun mengalami risiko tertentu yang ditanggung misalnya kecelakaan jelas bisa diketahui apa saja yang akan diberikan oleh asuransi.

  • Proteksi terhadap Penyakit Pre-Existing

Didalam produk asuransi ada istilah penyakit pre-existing apa maksudnya? Pre-existing adalah seluruh jenis penyakit, luka dan atau kodisi medis seseorang yang membuatnya sakit.

Dalam pengertian lain pre-existing adalah jenis penyakit yang sudah pernah ataupun sedang dialami oleh seseorang. ada produk asuransi yang menjamin penyakit pre-existing tersebut namun banyak juga yang tidak menanggungnya sehingga Anda harus memastikannya dulu.

Menjamin penyakit pre-existing lebih sesuai untuk jenis asuransi jiwa usia 50 tahun yang akan Anda beli. Meskipun ada beberapa yang harus menunggu hingga 2 tahun dulu untuk memutuskan apakah penyakit pre-existing dapat ditanggung atau tidak.

  • Proteksi pada Penyakit Kritis

Penyakit kritis pada lansia tidak jarang menyebabkan kematian sehingga faktor ini juga harus diperhatikan. Adapun jenis penyakit kritis yang banyak diderita oleh lansia yang bisa menyebabkan kematian misalnya stroke, jantung, diabetes dan kanker.

Baca juga  Pilihan Produk Asuransi Jiwa Sinarmas yang Direkomendasikan

Asuransi jiwa yang memang ditujukan untuk usia lebih dari 50 tahun alias lansia seharusnya mencakup penyakit kritis.

Jenis Asuransi Terbaik untuk Usia 50 Tahun

Setelah mengetahui ciri asuransi bagi usia 50 tahun selanjutnya Anda harus memilih produk yang terbaik dan paling tepat. Setidaknya ada 2 jenis asuransi paling tepat untuk mereka yang sudah lanjut usia yaitu :

  • Asuransi Jiwa Murni (Stand Alone)

Yaitu jenis asuransi yang akan memberikan uang pertanggungan (UP) kepada tertanggung sebagai bentuk keuntungan atau benefit dari investasi. Uang pertanggungan tersebut diberikan kepada tertanggung ketika dirinya mengalami risiko yang dijamin misalnya meninggal dunia.

  • Asuransi Unit Link

Sedangkan asuransi unit link adalah jenis produk asuransi yang selain memberikan manfaat UP kepada tertanggung ketika mengalami risiko saja tetapi ada juga manfaat tambahannya. Manfaat tambahan adalah asuransi rider adalah bentuk proteksi kesehatan yang dapat ditambahkan.

Manfaat asuransi rider adalah untuk meringankan biaya perawatan supaya tidak terlalu mahal sehingga tidak menggoyahkan kondisi finansial tertanggung. Pada umumnya asuransi link menjamin sampai tertanggung berumur 70 tahun dan bisa diperpanjang hingga maksimal 79 tahun.

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Kalau Anda tidak ingin repot pilih saja asuransi jiwa seumur hidup. Bisa dikatakan inilah produk asuransi jiwa usia 50 tahun yang paling cocok dan sesuai karena pertanggungannya berlaku seumur hidup tertanggung.

Asuransi seumur hidup adalah solusi bijaksana bagi mereka pencari nafkah utama yang tidak ingin keluarganya mengalami kesulitan finansial setelah dirinya meninggal dunia.

Tujuan dari produk asuransi ini yaitu mengembalikan dan menjaga kondisi finansial keluarga setelah tertanggung meninggal dunia.

Sesuai dengan pertanggungan yang diberikannya harus disadari bahwa asuransi seumur hidup mempunyai harga premi yang cukup mahal. Namun tentu saja uang pertanggungan yang diberikan juga besar. Jadi jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor premi dan pertanggungannya.

Baca juga  10 Istilah Dalam Asuransi Jiwa yang Paling Penting untuk Diketahui

Asuransi seumur hidup biasanya juga memiliki manfaat investasi dimana peserta mengizinkan kepada perusahaan asuransi untuk melakukan investasi atas namanya. Meskipun bunganya tidak sebesar investasi pribadi tetapi lumayan untuk dijadikan sebagai tabungan masa depan.

Cara Memilih Asuransi Jiwa bagi Usia 50 Tahun

Anda akan mendapatkan manfaat asuransi jiwa secara maksimal jika memilihnya dengan tepat. Nah, untuk memilih produk asuransi jiwa terbaik bagi usia 50 tahun beberapa cara berikut :

  • Menyesuaikan dengan Kondisi Kesehatan

Sesuaikan jenis asuransi jiwa dengan kondisi kesehatan Anda atau orang tua yang akan menjadi tertanggung. Ini adalah hal yang penting supaya Anda tahu bagaimana perlindungan yang diberikan oleh asuransi.

Lihat dengan teliti risiko apa saja yang dijamin oleh asuransi jiwa tersebut apakah hanya meninggal dunia saja atau jika terjadi kecelakaan ataupun cacat yang menyebabkan tidak bisa bekerja lagi.

  • Kenali Batasan Usia

Pastikan asuransi jiwa usia 50 tahun memang memberikan pertanggungan bukan hanya maksimal sampai usia 50 tahun saja. Asuransi jiwa untuk usia 50 tahun mestinya memiliki masa pertanggungan hingga tertanggung berusia 70 tahun atau lebih bahkan ada yang sampai 100 tahun.

Sekarang Anda tidak perlu lagi takut dan cemas atas batasan usia pertanggungan meskipun kebanyakan hanya sampai 50 tahun saja. Anda bisa membeli asuransi jiwa usia 50 tahun untuk menjamin masa depan yang tenang dan bahagia.