asuransi jiwa premi sekali bayar

Mengulik Single dan Regular Premium Asuransi Jiwa Premi Sekali Bayar

Dalam dunia asuransi terdapat satu hal penting yang disebut dengan premi. Premi ini harus Anda bayarkan untuk dapat menikmati fasitilas asuransi jiwa. Asuransi jiwa premi sekali bayar banyak dicari oleh masyarakat kita.

Premi antara satu nasabah dengan nasabah lainnya akan berbeda. Karena premi yang dibayarkan harus sesuai dengan keadaan nasabah serta kesepakatan yang sudah ada dalam perjanjian diawal.

Terdapat berbagai macam jenis premi asuransi yang harus Anda ketahui. Simak ulasan dibawah ini agar Anda mengerti jauh mengenai premi asuransi jiwa.

Mengenal Premi Asuransi Jiwa Premi Sekali Bayar

Premi dalam sebuah asuransi adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan atau disetorkan oleh setiap nasabah yang terdaftar pada perusahaan asuransi sebagai seorang penanggung. Nominal uang yang wajib dibayarkan setiap bulannya ditentukan oleh nasabah dan perusahaan asuransi.

Fungsi asuransi yaitu sebagai wujud pencairan dana yang akan dikembalikan kepada nasabah yang sedang mengalami sebuah risiko. Nasabah yang ingin uangnya cair harus melakukan klaim terlebih dahulu.

Contoh premi asuransi jika Anda telah membayar untuk premi asuransi kesehatan serta sewaktu-waktu Anda jatuh sakit serta perlu perawatan medis, maka beban biaya yang akan Anda tanggung akan terbantu oleh dana suransi yang ada pada asuransi jiwa.

Tujuan Premi

Dengan telah mengetahui apa itu premi, mungkin Anda penasaran akan apa itu tujuan dari membayar premi. Untuk memahaminya baca dua tujuan dari asuransi jiwa premi sekali bayar seperti dibawah ini.

  • Memperoleh Jaminan Proteksi

Banyak orang menilai bahwa fungsi dari premi asuransi yaitu sebagai sebuah jaminan proteksi atas terjadinya suatu risiko yang mungkin akan dialami. Dengan itu tujuan dari membayar premi ialah untuk mendapat jaminan tersebut.

  • Sebagai Pemerataan Biaya

Tujuan premi selanjutnya adalah untuk pemerataan biaya. Maksudnya adalah sebagai pemegang polis asuransi atau nasabah, Anda tidak akan membayar biaya penuh atas kerugian atau risiko yang sedang Anda alami.

Baca juga  Asuransi Jiwa Kredit Mobil; Debitur Meninggal Hutang Langsung Lunas?

Tipe Premi Asuransi Single Premium dan Regular Premium

Mengacu kepada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014, premi merupakan uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dan disetujui oleh nasabah pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan dari perjanjian asuransi atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pembayaran premi merupakan hal krusial mendasar yang harus dilakukan pemegang polis asuransi. Karena bila tidak dibayarkan, Anda akan berpotensi kehilangan perlindungan terharap asuransi yang sudah Anda miliki. Terdapat dua metode pembayaran dalam asuransi yaitu single premium dan regular premium.

Premi tunggal atau single premium adalah pembayaran premi dimana nasabah cukup membayar satu kali saja. Sedangkan premi berkala atau regular premiun, Anda sebagai nasabah diberi pilihan untuk membayar premi dengan beberapa periode tertentu.

Pembayaran dapat dilakukan setiap bulan, per 3 bulan, per 6 bulan hingga tahunan. Selain periode pembayaran, berikut perbedaan yang ada pada asuransi jiwa premi sekali bayar atau single premium dan regular premium:

  • Single Premium

Berikut fitur yang dapat diperoleh dari pembayaran premi single premium:

  • Efisien cukup dibayarkan satu kali.

Premi yang hanya dibayarkan sekali akan lebih efisien. Premi ini tidak akan merepotkan Anda dengan kewajiban melakukan pembayaran berkala.

  • Premi relatif tinggi dibandingkan Regular Premium.

Dalam premi ini mengutamakan perkembangan nilai investasi yang artinya premi yang sudah Anda bayarkan alokasi dana untuk investasi akan lebih tinggi daripada prduk asuransi lain.

  • Risiko polis asuransi akan tetap aktif.

Dengan premi single premium ini proteksi asuransi jiwa yang Anda miliki akan terus aktif, karena premi yang dibayarkan diawal tidak akan mungkin menyebabkan Anda lupa untuk membayar premi sehingga akun polis terhenti.

  • Regular Premium

Sedangkan fitur regular premium ialah sebagai berikut:

  • Manfaat lain dari premi regular premium

Umunya premi jenis ini untuk proteksi asuransi jiwa. Kadang pihak penanggung atau perusahaan akan menawarkan nilai manfaat lain agar mendapat perlindungan yang maksimal.

  • Pembayaran rutin berkala

Pembayaran premi regular premium dilakukan sesuai dengan ketentuan waktu yang sudah ditetapkan. Apabila Anda lupa, risiko penonaktifaan proteksi akan lebih besar.

  • Premi terjangkau

Apabila dibandingkan dengan pembayaran premi asuransi tunggal, premi berkala akan lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan premi asuransi ini disesuaikan oleh kemampuan nasabah.

  • Nilai uang santunan lebih besar.

Uang pertanggungan dari perusahaan asuransi relatif lebih besar dibandingkan dengan premi tunggal. Mengapa demikian? Sebab pembayaran secara berkala dinilai lebih menguntungkan karena uang yang diperoleh perusahaan dapat berkelanjutan.

Baca juga  Jenis asuransi jiwa BNI Life dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Premi Asuransi

Terdapat berbagai macam jenis asuransi yang biasa ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Beberapa jenis program tersebut adalah seperti berikut:

  • Premi Asuransi untuk Kesehatan

Jenis premi yang dibayarkan adalah jenis premi untuk kesehatan. Premi ini banyak menyimpan berbagai manfaat seperti menanggung biaya rawat inap di rumah sakit, perawatan gigi, operasi, rawat jalan hingga persalinan. Biasanya nominal premi yang dibayarkna mulai dari Rp150 ribu per bulannya.

  • Premi Asuransi untuk Asuransi Jiwa

Berikutnya adalah jenis premi untuk asuransi jiwa yang memiliki manfaat agar ahli waris dapat memperoleh uang santunan. Semakin besar premi yang dibayarkan semakin besar pula nominal santunan yang akan diberikan. Asuransi jenis ini adalah contoh asuransi jiwa premi sekali bayar.

  • Premi Asuransi untuk Pendidikan

Salah satu premi yang sangat populer di masyarakat adalah premi asuransi untuk kesejahteraan pendidikan. Premi ini akan memberikan jaminan proteksi pendidikan anak di masa depan.

Anda sebagai orang tua tentunya sadar bahwasannya biaya pendidikan akan mengalami kenaikan setiap tahunnya, dengan mengikuti asuransi pendidikan beban pikiran tentang banyaknya biaya pendidikan akan semakin berkurang.

  • Premi Asuransi untuk Kecelakaan Individu

Selanjutnya adalah premi asuransi untuk asuransi kecelakaan diri. Premi ini akan ditujukan untuk mendapat uang santunan yang diakibatkan oleh kecelakaan. Premi ini cukup terjangkau, Anda dapaat membayar premi ini mulai dari Rp160 ribu.

  • Premi Asuransi untuk Asuransi Perjalanan

Premi ini sangat bermanfaat untuk Anda yang suka melakukan perjalanan. Premi asuransi untuk perjalanan merupakan premi untuk mendapat hak atas klaim pertanggungan dari perjalanan Anda. Klaim didalamnya seperti biaya gangguan perjalanan, biaya medis serta masih banyak lagi.

  • Premi Asuransi untuk Properti

Premi asuransi untuk sebuah properti merupakan premi yang akan memberi proteksi pada properti yang Anda miliki. Premi ini memberi santunan ketika terjadi risiko seperti banjir dan gempa. Dengan adanya asuransi ini Anda mendapat bantuan untuk memperbaiki properti seperti sedia kala.

  • Premi Asuransi untuk Kendaraan

Jenis premi asuransi untuk kendaraan merupakan jenis premi asuransi yang ditujukan untuk memperoleh berbagai manfaat pertanggungan seputar kendaraan yang Anda miliki. Pertanggungan tersebut dapat digunakan untuk biaya perbaikan kendaraan hingga kehilangan kendaraan.

Baca juga  Contoh Polis Asuransi Jiwa dari Berbagai Perusahaan Asuransi

Itu dia beberapa hal mengenai asuransi jiwa premi sekali bayar. Tidak semua asuransi dapat dilakukan dengan hanya membayar premi tunggal. Sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan Anda untuk mendapat proteksi asuransi yang maksimal