asuransi jiwa untuk anak

Orang Tua Wajib Baca! Asuransi Jiwa untuk Anak dan Berbagai Manfaatnya

Kehadiran seorang anak dalam suatu keluarga merupakan suatu anugerah. Banyak orang tua yang melakukan apapun demi kesejahteraan masa depan sang buah hati. Salah satu upaya untuk menjaga serta mensejahterakan anak adalah dengan memberikan asuransi jiwa untuk anak.

Orang tua yang bertanggung jawab sudah pasti ingin melihat buah hati keluarga mereka bahagia. Tujuan lain dengan adanya asuransi untuk anak ini adalah untuk melindungi mereka dari berbagai kemungkinan risiko yang terjadi. Kemungkinan tersebut seperti sakit atau hal yang tak diinginkan lainnya.

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan anak untuk memiliki polis asuransi jiwa, artikel berikut sangat cocok untuk dibaca. Karena dalam artikel berikut akan mengulas hal-hal apa saja yang berkaitan dengan asuransi jiwa untuk anak.

Asuransi Jiwa untuk Anak

Asuransi sangat penting untuk bekal masa depan seseorang. Disini asuransi mempunyai peranan penting khususnya untuk anak. Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk asuransi jiwa khusus anak.

Apa sajakah itu? Biasanya asuransi jiwa yang paling populer untuk anak adalah asuransi jiwa untuk kesehatan dan asuransi jiwa untuk pendidikan. Asuransi jiwa untuk kesehatan anak dapat dimulai sejak 15 hari setelah kelahiran. Anda dapat mendaftarkan anak Anda dengan meminta surat keterangan lahir.

Menurut beberapa pakar asuransi sangat diperlukan seseorang tanpa memandang usia, karena usia muda belum tentu menjamin kesehatannya. Dilain sisi, kenaikan biaya pendidikan per tahun juga banyak mendorong orang tua untuk mendaftarkan asuransi jiwa untuk pendidikan anaknya. Dengan memiliki asuransi pendidikan setidaknya dapat meminimalisir beban pikiran untuk biaya sekolah anak di masa depan.

Asuransi Kesehatan untuk Anak

Apakah Anda sedang mencari tahu mengenai persiapan serta perlindungan terbaik untuk masa depan anak? Masa depan buah hati dapat dipersiapkan dengan berbagai cara seperti menabung hingga investasi. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu mengenai asuransi kesehatan khusus buah hati.

  • Alasan Memiliki Asuransi Kesehatan untuk Anak

Asuransi kesehatan dapat menjadi kebutuhan wajib orang tua untuk memproteksi tumbuh kembang sang buah hati. Mengapa? Karena terkadang dibandingkan dengan orang dewasa seorang anak cenderung lebih mudah terserang penyakit.

Baca juga  Jenis asuransi jiwa BNI Life dan Manfaatnya

Terdapat berbagai macam fasilitas yang akan diperoleh oleh tertanggung dengan menjadi nasabah asuransi. Berbagai fasilitas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mendapat kemudahan pengajuan klaim saat anak sakit dan fasilitas rawat jalan serta rawat inap.
  • Dapat menjadi pengganti biaya untuk rumah sakit yang telah melakukakn kerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda pilih.
  • Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Anak

Dengan adanya asuransi jiwa yang terdaftar untuk buah hati Anda, sebagai orang tua Anda akan menjadi semakin terbantu secara finansial. Selain itu beban pikiran yang mungkin ada akan menjadi lebih berkurang. Berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh ketika Anda mendaftarkan anak untuk memiliki asuransi jiwa tersendiri.

  • Memberikan Perlindungan Kesehatan

Dengan terdaftarnya anak sebagai nasabah asuransi, buah hati akan mendapat berbagai pelayanan lebih ketika berobat. Asuransi khusus anak yang sudah dimiliki sang buah hati akan otomatis mengcover biaya berobat hingga pelayan perawatan dalam rumah sakit.

Anda tak perlu lagi memusingkan biayanya. Selain itu anak juga akan mendapatkan fasilitas serta pelayanan terbaik dari rumah sakit yang telah melakukan kerja sama dengan perusahaan asuransi yang sudah Anda pilih.

  • Membantu Mengelola Keuangan Keluarga

Memiliki asuransi kesehatan untuk anak akan membuat Anda terbiasa untuk menyisihkan uang. Uang tersebut akan dibayarkan untuk mengantisipasi kemungkinan risiko kerugian yang dapat terjadi kapan saja. Dengan dana asuransi yang sudah disisihkan tersebut dapat membuat uang tabungan Anda aman dari habisnya uang untuk membayar biaya perawatan rumah sakit.

  • Melindungi Kondisi Keuangan Bila Terkena Penyakit Berbahaya

Gaya hidup seseorang dapat dipengaruhi lingkungan sekitar. Meskipun mungkin Anda tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol, namun risiko terjangkitnya suatu penyakit kronis tidak bisa terelakkan.

Baca juga  Asuransi Jiwa Kredit Mobil; Debitur Meninggal Hutang Langsung Lunas?

Belakangan penyakit tidak menular semakin banyak menjangkit seseorang karena gaya hidup yang tidak sehat tersebut. Dengan mengikuti asuransi jiwa untuk anak, Anda akan mengurangi risiko keuangan yang mungkin terjadi akibat memburuknya kondisi kesehatan anak.

  • Cara Memilih Asuransi Jiwa untuk Anak

Berikut terdapat beberapa pertimbangan yang dapat digunakan untuk menentukan pilihan asuransi kesehatan untuk anak.

  • Amati Kondisi Kesehatan Anak

Amati kesehatan anak terlebih dahulu. Contohnya apabila anak memiliki kesehatan suatu organ yang rendah, Anda dapat memilih asuransi kesehatan khusus.

Namun apabila kondisi kesehatan anak Anda terbilang baik dan normal, Anda dapat memilih asuransi kesehatan yang umum. Dengan hal tersebut Anda dapat mengantisipasi risiko kerugian finansial yang diderita akibat biaya macam pengobatan serta perawatan.

  • Mengecek Kelengkapan Fitur Asuransi

Sebagai orang yang akan mendaftarkan asuransi kesehatan untuk anak, Anda harus lebih cermat dalam menilai fasilitas yang diberikan oleh pihak asuransi. Pilihlah asuransi yang mencangkup seluruh biaya rawat inap, oba-obatan, vaksinasi hingga biaya rawat jalan selama proses penyembuhan.

  • Sesuaikan Dengan Dana yang Ada Serta Kebutuhan

Anda harus menyesuaikan budget yang tersedia dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Misalnya ketika Anda hanya mampu membayar premi asuransi untuk perawatan kelas 2, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memilih premi yang berfasilitas kamar VIP.

Asuransi Pendidikan untuk Anak

Selain asuransi kesehatan, asuransi pendidikan juga penting untuk anak Anda. Asuransi pendidikan dapat dipersiapkan untuk menjamin kualitas pendidikan anak dimasa mendatang. Berikut ulasan mengenai pentingnya asuransi pendidikan untuk anak.

  • Alasan Memiliki Asuransi Pendidikan untuk Anak

Perlu diketahui bahwa setiap tahun biaya pendidikan anak selalu mengalami kenaikan. Hal ini belum banyak disadari oleh para orang tua. Asuransi pendidikan dapat meringankan biaya pendidikan anak dimasa depan.

  • Jenis Asuransi Pendidikan

Terdapat dua jenis asuransi pendidikan yang ada di Indonesia. Asuransi itu ialah asuransi pendidikan unit link dan dwiguna. Lalu apakah bedanya? Simak penjelasan dibawah ini.

  • Unit Link

Unit Link merupakan sebuah asuransi pendidikan dimana uang yang telah dibayarkan tidak hanya untuk biaya pendidikan, tetapi juga untuk ditanamkan pada satu penanaman modal seperti reksadana.

Baca juga  Contoh Kasus Asuransi Jiwa dan Penyelesaiannya

Asuransi ini akan diserahkan sesuai dengan jenjang pendidikan yang dijalani. Asuransi pendidikan ini memberikan keuntungan untuk orang tua yang tidak mau mengalami kerepotan untuk mengurus asuransi dan investasi.

  • Dwiguna

Asuransi dwiguna hampir mirip dengan asuransi berjangka. Karena dalam asuransi ini anak akan mendapatkan proteksi pendidikan dan biaya tabungan yang dapat dicairkan pada periode tertentu.

  • Tips Memilih Asuransi Pendidikan

Banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan berbagai macam fasilitas serta keuntungan untuk asuransi pendidikan anak. Berikut beberapa tips untuk memilih asuransi pendidikan agar Anda tidak bingung.

  • Membuat Perencanaan

Buatlah rencana pendidikan untuk masa depan anak. Anda dapat menentukan pilihan dimana anak Anda akan menimba ilmu. Dengan itu Anda dapat memperkirakan berapa biaya pendidikan yang dibutuhkan.

  • Menentukan Jumlah Dana Untuk Biaya Pendidikan

Lakukanlah riset terkait biaya pendidikan yang akan digelontorkan untuk sekolah sang buah hati. Biaya tersebut termasuk biaya pendaftaran, uang gedung, transportasi dan lain sebagainya. Apabila sudah konsultasikan dengan agen asuransi untuk dapat memilih asuransi yang sesuai dengan kriteria.

  • Manfaat Tambahan Dari Produk Asuransi Pendidikan

Selain proteksi pendidikan biasanya asuransi pendidikan juga memiliki fasilitas lain. Fasilitas tersebut seperti proteksi kesehatan, jiwa dan masih banyak lagi. Pelajari berbagai manfaat sebelum Anda memilih asuransi pendidikan yang ditawarkan, agar premi yang dibayarkan semakin maksimal manfaatnya.

Artikel diatas adalah ulasan mengenai apa itu asuransi jiwa untuk anak serta berbagai jenis dan manfaat yang ada didalamnya. Cobalah untuk membandingkan produk yang ditawarkan dari satu perusahaan asuransi ke perusahaan asuransi lainnya untuk mendapatkan pelayanan asuransi yang diinginkan.