Cara daftar asuransi jiwa

Tips Dalam Memilih dan Cara Daftar Asuransi Jiwa

Informasi mengenai bagaimana cara daftar asuransi jiwa mungkin dicari oleh Anda sekarang ini yang ingin membeli salah satu produknya. Seperti yang diketahui, asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan finansial yang dilakukan seseorang untuk meminimalisir kerugian jika mengalami musibah.

Apabila tertanggung meninggal dunia, maka ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan (UP) sesuai dengan nominal yang disepakati dalam perjanjian. Selama syarat, ketentuan, dan dokumen memenuhi, maka seharusnya pencairan uang dapat dilakukan dengan mudah.

Sebelum mendaftar ke asuransi jiwa, memang ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan. Dimulai dari konsultasi dengan agen sampai mengisi surat perjanjian asuransi jiwa (SPAJ). Oleh karenanya, calon nasabah harus mengetahui bagaimana cara daftar asuransi supaya mudah saat mengajukan klaim.

Tips Sebelum Membeli Asuransi Jiwa

Sebelum mengetahui cara daftar asuransi jiwa, ada beberapa tips penting terlebih dahulu yaitu:

Membaca dan Memahami Produk

Anda tidak mesti mempelajari secara keseluruhan mengenai pilihan produk asuransi. Hal yang harus diketahui yaitu tentang kewajiban, fitur, serta manfaat apakah yang diberikan.

Memilih Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan

Setiap calon nasabah juga harus yakin tentang pilihan produk asuransi yang dipilihnya dan harus sesuai kebutuhan. Jika memang ingin menargetkan nominal tertentu sebagai uang pertanggungan, maka tentu harus mengetahui berapa premi yang dibayarkan juga.

Sesuaikanlah antara kemampuan membayar premi bulanan dan besaran uang pertanggungan yang diinginkan.

Memeriksa Keamanan dan Privasi

Jika mendaftar asuransi jiwa secara online, harus dipastikan juga website yang dikunjungi memang benar menuju pada perusahaan yang dimaksud. Untuk keamanan data, sebaiknya memakai layanan internet rumah bukan di tempat umum misalnya hotspot publik.

Alasannya, akses internet di tempat umum punya resiko data-data di atas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Pastikan Mempunyai Customer Service yang Mudah Dihubungi

Dalam memilih produk asuransi jiwa, pastikan untuk mencari customer service yang mudah dihubungi. Jika dimungkinkan, bisa berkomunikasi lewat berbagai media mulai dari telepon, email, WhatsApp, dan lain-lain.

Baca juga  Biaya Asuransi Jiwa dari Berbagai Produk Asuransi di Indonesia

Hal ini penting karena mungkin suatu saat akan membutuhkan informasi seputar asuransi yang dibeli dan perlu jawaban cepat. Mungkin saja suatu saat agen asuransi sudah tidak bekerja lagi dan untuk berkomunikasi harus langsung ke perusahaan.

Tahapan Cara Daftar Asuransi Jiwa

Berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara daftar asuransi jiwa yang penting dipahami serta dipersiapkan oleh para calon nasabah. Tahapan ini juga berlaku untuk asuransi kesehatan dan berikut penjelasannya:

Mencari Tahu Informasi Asuransi

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencari tahu mengenai apa saja pilihan jenis asuransi jiwa yang terbaik. Lakukanlah perbandingan dan cari mana yang punya produk bagus dan syarat klaim mudah.

Menghubungi Agen

Cara daftar asuransi jiwa selanjutnya, setelah Anda melakukan perbandingan berbagai jenis asuransi dan menemukan yang terbaik, bisa langsung menghubungi agennya. Anda dapat menghubungi baik secara online maupun offline.

Hal tersebut dilakukan agar semakin memudahkan dalam menentukan pilihan produk yang tepat. Di tahapan ini, Anda juga bisa bertanya-tanya dahulu secara detail terkait dengan manfaat serta jenis polis yang paling cocok sesuai kebutuhan.

Tidak Terburu-buru dan Mendiskusikan Dahulu

Walaupun Anda telah memperoleh gambaran jelas, sebaiknya juga jangan terlalu terburu-buru untuk menyetujui. Produk asuransi akan mengikat dalam waktu panjang sehingga perlu pemikiran matang sebelum memutuskan membeli produk yang mana, bahkan pada sebuah perusahaan.

Anda juga dapat melakukan riset lebih mendalam lagi serta mendiskusikannya dengan agen. Tanyakan Lebih detail tentang preminya, manfaat, serta proteksi yang akan didapatkan saat membeli.

Mempelajari dan Memahami Ilustrasi Asuransi

Cara daftar asuransi jiwa berikutnya yaitu mempelajari ilustrasi asuransi. Pengertiannya sendiri merupakan dokumen yang akan memberikan gambaran mengenai manfaat yang akan diterima oleh pemegang polis.

Baca juga  Pengertian, Tujuan dan Jenis Klaim Asuransi Jiwa yang Paling Umum

Di samping itu, ilustrasi juga akan memberikan informasi tentang berapa besaran uang pertanggungan yang nantinya akan didapatkan.

Penting bagi setiap nasabah untuk memahami ilustrasi asuransinya dengan baik agar menghindari kesalahpahaman di masa mendatang. Contohnya, dalam hal uang pertanggungan.

Besarnya uang pertanggungan ini akan berbeda-beda, tergantung dari resiko dan bagaimana profil calon nasabah. Apabila semakin besar premi yang dibayar maka manfaat serta besaran uang pertanggungan juga semakin banyak.

Kekeliruan yang banyak dilakukan adalah calon nasabah tidak membaca terlebih dahulu mengenai ilustrasi serta polisi secara lengkap. Mereka banyak yang menganggap bahwa uang pertanggungan yang akan diterima lebih besar daripada yang tertera di dalam polis asuransi.

Padahal, uang pertanggungan besarnya bisa berbeda-beda pada setiap nasabah. Ini tergantung dari bagaimana kondisi calon nasabah ketika ingin mengajukan klaim.

Mengisi Surat Perjanjian Asuransi Jiwa (SPAJ)

Jika sudah membaca ilustrasi asuransi dengan baik serta setuju dengan persyaratannya maka Anda akan mendapatkan SPAJ (surat permintaan asuransi jiwa). Di dalamnya berisi informasi penting cara perincian mengenai data diri dari calon nasabah.

Cara daftar asuransi jiwa di tahapan ini, umumnya perusahaan asuransi juga akan meminta sejumlah dokumen kesehatan tambahan. Contohnya, hasil medical check up agar mendapatkan informasi tentang kesehatan calon nasabah serta untuk menentukan besarnya uang pertanggungan.

Kejujuran sangat penting ketika memberikan informasi di SPAJ ini supaya manfaat yang diperoleh juga maksimal. Di samping itu, data yang ada di sana juga akan menentukan apakah pengajuan klaim diterima/ditolak oleh perusahaan asuransi.

Kesalahan yang banyak dilakukan calon nasabah yaitu tidak menginformasikan secara benar mengenai penyakit ketika mengisi SPAJ. Sehingga tidak mengherankan, jika banyak perusahaan yang akan menolak klaim karena alasan pre existing condition.

Baca juga  Asuransi Jiwa Usia 50 Tahun untuk Masa Tua yang Bahagia

Membayar Premi Pertama

Cara daftar asuransi jiwa berikutnya yaitu membayar premi pertama. Ini merupakan syarat untuk bisa mengaktifkan akun dan biayanya sesuai dengan pilihan produk yang Anda ambil.

Pada awal ketika memilih produk asuransi dan berdiskusi dengan agen, pastinya sudah membahas tentang produk apa yang dibeli. Pastikan untuk membayar dengan nominal sesuai dan jangan sampai kurang.

Keputusan Hasil Seleksi Underwriting

Setelah SPAJ diisi dan membayar premi pertama, maka dari pihak asuransi yaitu underwriting akan meninjau kondisi kesehatan nasabah. Calon peserta bisa menunggu untuk waktu yang ditentukan, biasanya 1-2 Minggu.

Setelah peninjauan serta seleksi selesai dilakukan sesuai dengan spaj, maka berikutnya pihak underwriting akan memberikan keputusan. Setidaknya pernah ada tiga keputusan yang mungkin terjadi yaitu:

  • Pengajuan peserta asuransi disetujui
  • Perusahaan menyetujui dengan syarat penambahan premi
  • Pengajuan peserta ditolak

Seleksi underwriting tersebut umumnya ditentukan oleh sejumlah faktor mulai dari kesehatan hingga usia calon nasabah. Jika nasabah semakin sehat, yaitu tidak mengidap penyakit maupun risiko berbahaya serta usianya masih produktif, maka manfaat proteksi semakin maksimal.

Setelah tahapan-tahapan pendaftaran berhasil dilalui, maka asuransi sudah aktif. Nasabah bisa memperoleh proteksi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatannya sekarang.

Jika suatu saat terjadi musibah yang mengakibatkan peserta asuransi meninggal dunia maka bisa mengajukan klaim. Oleh karenanya, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara pengajuan klaim asuransi jiwa.

Cara daftar asuransi jiwa memang bisa dibilang mudah selama Anda mengikuti prosedur dan memenuhi. Dengan berasuransi, adalah bentuk kasih sayang pada ahli waris berupa warisan uang pertanggungan.